Thursday, October 09, 2014

Dari Indramayu ke Cirebon

Bosen mem-Bandung tiap akhir pekan? Cobain deh kali-kali naik kereta ke kota yang deket-deket, asal jangan Jakarta, pasti itu bosen banget. Gue menyarankan untuk pergi ke Cirebon. Lumayan, loh. Semacam short escape getaway gitu.
Jadi, setelah berembuk sama temen gue, namanya Ken, dan telah menyocokkan jadwal dengan temen yang bakalan nemenin juga selama kami jalan-jalan, jadilah kami ke Cirebon, tapi mampir dulu di Indramayu karena yang nemenin tinggalnya di Indramayu.
Asalnya, mau pergi bareng satu temen lagi, sebut saja Saprol. Tapi, seperti biasa, temen yang satu ini hobinya PHP, gue baru tau di hari H kalo dia ga jadi ikut jalan-jalan, katanya sakit.
Gue dan Ken udah beli tiket kereta dari jauh-jauh hari, kelas ekonomi dengan harga Rp80.000,-/orang. Saat kami menanyakan dimanakah gerbong kami berada, petugasnya bingung. LOH KOK BINGUNG?! Entah karena dia trainee atau kami salah kereta, kami disuruh menunggu petugas (nampaknya yang in charge) cek ulang tiket kami.
PIC: "Ini belinya udah lama, ya?"
G/K: "Iya, Pak."
PIC: "Jadi gini, sekarang udah ga ada gerbong ekonomi lagi untuk tujuan Cirebon, tapi karena ini udah lama banget belinya, tadi saya udah cek, kalian di gerbong bisnis-1 ya duduknya di nomer seat yang sama."
Oalaahh...... Udah ga ada lagi kelas ekonomi untuk tujuan Cirebon dari Bandung. Ya ga apalah, masih mending dikasih kelas bisnis daripada kami ga jadi berangkat cuman gara-gara hal ini.
Jarang-jarang gue bepergian pake kereta pagi, apalagi jarak deket, hahaha. Tapi, gue tetep aja dengan enaknya tidur di kereta sepanjang perjalanan, maklum baru sampe rumah 3 jam sebelum keberangkatan gegara insiden mobil mogok. Ya, meskipun kebanyakkan tidur daripada nikmati pemandangan, pemandangannya kece juga. Yang gue bingung, waktu nyampe Cikampek, karena kelas bisnis, kayaknya kursi ga bisa diputer yak? Yang tadinya gue merasa jalannya maju, abis berhenti di Cikampek malah jadi mundur.
Di tiket terteranya tujuan akhir Cirebon, tapi apa daya, mesti turun di Indramayu, karena yang jemput, sebut saja Amroji, tinggal di Indramayu. Setelah kurang lebih 3 jam perjalanan kereta, kami pun sampai di Stasiun Jatibarang Indramayu. Ebuset, keluar kereta, panas banget! Parah! Awan aja engga ada di langit, mungkin awan malu-malu.
Kami pun mampir dulu di supermarket buat beli cemilan dan alat mandi, karena di rumahnya Amroji sama sekali masih (agak) kosong belom ada apa-apa. Istirahat sejenak, tidur-tiduran. Baru sekitar sejam tidur, gegara gue pengumuman ke temen gue yang lagi di Indramayu, tiba-tiba dia udah di depan rumah Amroji, nyulik gue ke rumahnya yang di Indramayu sekalian dia balikkin tas dan nganterin beli mangga meski bukan mangga gedong. Setidaknya, gue jadi tau Indramayu dalam sekejap hahaha.
Sorenya, niatan ngejar sunset di pantai padahal mah engga ada sunset di Indramayu, dan emang beneran engga ada. Kami pun diajak ke Pantai Balongan Indah, biasa disebut BaLi, gitu katanya. Ya beginilah pantai di Indramayu. Seadanya. Dengan modal Rp5,000, bayar parkir doang, kami bisa masuk ke kawasan pantai ini. Pemandangan sekitar ya gini aja, ada api abadi yang berasal dari kilang minyak, tapi ga kefoto. Keren, sih, kurang pengembangan aja.
 
Malemnya, kami diajak nongkrong alias makan malem di SC Indramayu, SC=Sport Corner, kalo engga salah inget. Hahahaha. Jadi, suasananya ya semacam jajanan malem aja. Banyak tukang makanan jualan, dari yang tradisional sampe yang (agak) modern. Tidur di Indramayu, siap-siap bawa lotion anti nyamuk, buanyak nyamuk!
Paginya, kami dibeliin nasi lengko untuk sarapan, tapi gue ga makan, karena ga suka. Setelah istirahat sampe siang, karena Amroji baru balik kerja pagi, kami pun berangkat menuju Cirebon di siang hari. Panas banget, nyengat! Tujuan ke Cirebon sebenernya cuman makan empal gentong! HAHAHA! Alhamdulillah kesampean. Nasi Empal Gentong Ibu Darma Krucuk, ganti nama karena katanya udah banyak yang niruin pake 'Darma'. Lokasinya di deket Stasiun Kejaksan Cirebon, Jalan Slamet Riyadi. Enak banget, engga pake bohong. Gue suka banget sama rasanya, beda aja gitu sama empal gentong yang lainnya yang pernah dicoba.
Beres memuaskan perut dengan empal gentong, kami pun bingung mau kemana lagi, jadwal kereta pulang Ken tuh jam 6, sedangkan gue di jam 8 malem. Sempet ke mall, tapi cuma numpang parkir karena Amroji kehilangan hp, dan mesti balik lagi ke tempat makan empal gentong, dan hasilnya nihil. Jadilah, kami ke Pelabuhan Cirebon, sekalian ke pantai. Sebut saja pantai walaupun sesungguhnya engga pantes disebut pantai.
Dan seperti biasa, sebenarnya Pelabuhan Cirebon ini -katanya- bukan buat umum, tapi dengan modal Rp15.000/mobil saja kita bisa masuk ke kawasan pelabuhan. Baik untuk sekedar foto-foto atau nongkrong, bahkan main bola.
Ya gitu aja Indonesia, bisa membuat suatu kawasan wisata tapi engga bisa merawat maupun menjaga. Liat aja background foto kami, banyak sampah bertebaran. Heran. Padahal kan kalo dirawat mungkin beneran bakal bikin orang-orang takjub akan keindahan luar biasa yang dimiliki Indonesia.
Kayak foto di atas contohnya. Langit ungu. Jarang banget bisa liat momen macam begini. Ah. Indonesia. I love you, not the government. Hehehe.




No comments:

Post a Comment