Wednesday, February 05, 2014

Day 1 - Goes To Lombok!

Jadi... Cerita kali ini berceritakan tentang perjalanan gw setelah beres job training di Bali dan lanjut jalan-jalan sebelum balik lagi ke kampus tercintah.. Karena saking lamanya perjalanan, mending dipisah jadi perhari lah ya~ sekalian ada detail biaya yang dikeluarkan selama perjalanan biar mantap 

17 Januari 2014
Udah 2 hari semenjak selesainya masa gw job training di salah satu travel agent bergengsi di Bali demi memenuhi kewajiban sebagai mahasiswi semester 5 STP Bandung. Deg-degan aja gitu rasanya mau pergi jalan-jalan. Bersama partner baru bernama Yolanda. Naik motor. Gila, kurang membahana gimana coba?! Cewek, berdua, naik motor, Bali-Lombok, sama-sama blank tentang motor, nekat touring ke Lombok, namun itu semua tidak mengalahkan niat kami jalan-jalan
Setelah beres urusan perkiriman barang pindahan dari Bali ke Bandung, berangkatlah kami menuju Padang Bai dari kosan gw yang berletak di daerah Jimbaran-Nusa Dua.
Barang bawaan gw di motor

Sebelum berangkat, bensin setengah isi
Berangkat pukul 08.30, dengan pengetahuan jalan menuju Padang Bai yang setengah-setengah, yang penting lurus-lurus aja dah kalo liat di Google Maps 
Hampir setengah perjalanan, isi bensin full tank. Jalanan menuju Padang Bai asli mulus banget, enak aja gitu nyetirnya kecuali kalo udah disamber sama bus-bus dan truk-truk ngebut. Kebawa angin, bro!!
Nyampe di Padang Bai sekitar jam setengah 10an gitu. Bayar tarif nyebrang, terus ngantri dah sama pengendara motor-motor yang lain. Sebenarnya dan sesungguhnya gw udah cukup tegang takut cuaca buruk di tengah perjalanan, tapi alhamdulillah, saat itu cuaca lagi bagus bener dah meski angin kenceng,
Dan seperti biasa, tiap jalan-jalan kemana aja, kalau ada kesempatan tidur, ya gw tidur!! Apalagi ini perjalanan laut yang sesungguhnya gw sangat membencinya meski cuman 5 jam dibandingkan saat berlayar ke Komodo selama 4 hari~
Ohya, di kapal pun kenalan sama Mas Agus, dia instruktur diving di Bali. Dulunya kuliah Teknik Elektro di salah satu universitas swasta di Bandung dan asli Lombok. Dari elektro ke diving, nyambung sekalee~ Terus, dia katanya mau nganterin kita sampe pusat kota di Mataram gitu. Ya lumayan lah! Astungkara, kalau kata Yolanda.
Karena feeling gw so good banget, kalau udah deket destinasi, pasti kebangun, HAHAHA! Terus kemudian, gw bosen. Rasanya ingin aja gitu ke atas kapal, ke dek-nya atau apalah itu. Untung Yolanda prikitiw mau nemenin gw.
Lagi asik nikmati pemandangan Pulau Lombok yang udah di depan mata banget, gw denger ada yang bisik-bisik di belakang gw. Bener aja kan, gw dicolek 

"Mbak, dari mana?", tanya orang asing itu.
"Bandung", jawab gw kalem.
"Wah! Bandung! Sama dong. Mau ngapain ke Lombok?", tanya orang asing itu lagi.
"Menurut lo?", jawab gw -dalam hati sih ini-.
"Yaa liburan lah", jawab gw -kalem-.
"Abis dari Bali juga?Ngapain?", tanya orang asing itu lagi.
"Abis PKL kemarin", jawab gw lagi.
"Dari SMA atau SMK mana?", pertanyaan doi bikin gw membuncah banget, muka gw emang muda banget kali yaa! 
"Engga, udah kuliah", gatau kenapa gw langsung sensi sih hahaha.
"Kuliah dimana?", tanyanya lagi #huff
"Enhai", jawab gw.
Dan kemudian doi dan kedua temannya semacam bersorak atau entahlah apa itu.
"Kami juga dari Enhai!", seru mereka.
*kurang lebih percakapannya begini, yang pasti ketika doi nanya gw anak SMA apa bukan, itu bener banget terjadi HAHAHA*

Ebuset!! Dalem hati berkata, jauh-jauh ke Lombok nemunya orang Bandung dan satu kampus pula. Setelah berkenalan, ternyata mereka adalah anak jurusan sebelah angkatan 2013. Okesip, khayalan gw yang selalu dikhayal-khayalkan yaitu nemu seseorang yang mungkin bisa dikata jodoh atau yang seangkatan atau lebih tua dikit malah gagal total alias belum kesampaian hahahaha.
Turun dari kapal sekitar jam 3 siang, Yolanda sempet tukeran kontak dengan salah satu dari mereka. Setelah itu, berpisah di pelabuhan dan kami dibimbing oleh Mas Agus sampe pusat kota. Kami dibawa ke tempat makan Nasi Puyung, salah satu makanan khas Lombok.
Gw berasa nostalgia aja gitu ke tempat makan Nasi Puyung ini, soalnya ga salah lagi, waktu gw sama Hamdani+Ridwan, gw juga dibawa ke tempat makan ini. Entahlah, rasa kenangan itu bikin gw seneng aja walaupun mereka berdua waktu gw kasitau tempat ini mereka malah lupa 
Yolanda prikitiw

Gw si sangar

Mas Agus

Sate Bulayak
Mas Agus pun hanya mengantar kami sampai Cakranegara dan hanya mengandalkan petunjuk dari Mas Agus untuk sampai di tempat kami nginep, di kosan Lusi, teman kampus.
Akhirnya, setelah menggunakan insting seorang pejalan, gw dan Yolanda sampe juga di tempat peristirahatan kami selama (rencananya) seminggu ke depan. Di daerah perbatasan Ampenan-Senggigi. Asik-asik joss banget dah!! Setelah perjalanan cukup panjang, akhirnya sampe juga dan bisa tidur. Lebih senengnya, karena bisa liat TV!!!!
Malemnya, cari makan di daerah Ampenan. Tepatnya di Alun-Alun yang ada Tugu Adipura. Nyobain makan Sate Bulayak. Enyaaakk!

Rincian Biaya Hari Pertama
Bensin 1x Full Tank: Rp15.000
Penginapan (Kos): Rp175.000/7 hari
Makan Nasi Puyung: Rp15.000/porsi (kurang lebih segini karena gw lupa he he he)
Tarif Nyebrang Motor: Rp112.000/motor (termasuk penumpang)
Sate Bulayak: Rp15.000/porsi (kurang lebih, gw juga lupa he he he)
Total Pengeluaran Hari Pertama: Rp317.000,-

1 comment:

  1. gw bisa nangkep isi inti dari isi blgo ini, mau nunjukin kalo masih ada yg ngira lu SMA kn pii.. -__-"

    ReplyDelete