Saturday, August 15, 2015

Bingung Cari Tempat Makan Sesuai Budget di Bali

Kadang, kalau lagi jalan-jalan jauh dari kota sendiri, suka bingung nyari makanan dimana, apalagi kalau sebelumnya kita udah mematok budget sekian untuk makan. Cara setiap orang untuk mencari makan di kota orang bisa berbeda-bea. Kalau gue, males banget kalau mesti keliling tiap tempat makan yang ada pas lagi jalan-jalan lalu liatin menu-menunya beserta harganya. Walaupun cuman sekedar ngebolak-balikkin kertas menu di luar tempat makan. Mending kalau tempat makannya nyediain papan menu di luar, kalau kagak?
Mau browsing juga, bingung kan keywordnya apa, terkadang engga nemu harga makanannya, hanya sekedar review dari orang-orang yang udah pernah nyobain tempat makan tersebut. Kalau review bagus, kita tertarik datang coba makanan di tempat makan itu, eh ternyata waktu duduk liat menu, harganya di luar budget, engga mungkin berdiri terus keluar, kan? Mungkin aja, sih, tapi malu, hahaha. Gue pernah mengalami hal tersebut, udah pede duduk, liat-liat menu, eh pas liat harga di menu engga cocok sama dompet, keluar lah dari tempat itu. Itu hak kita buat keluar lagi (iya atau engga, sih?), tapi ya malu aja, di kota orang, apalagi kalau di negara orang.
Suatu hari, gue pergi jalan-jalan ke Bali, kemudian bingung mau makan apa, budget buat makan sekian rupiah, tapi pengen nyobain tempat makan yang 'cukup' hits di Bali, tapi engga tau harganya berapa. Gue teringat akan suatu aplikasi yang isinya tempat-tempat makan dan juga nyediain foto menunya. Yes, Zomato!
Saat itu, gue belum punya aplikasinya, maka gue download dulu aplikasinya. Di Google Play Store dan Apple Store ada, kok!
Search di Play Store
Install, deh!
Setelah di-install, buka aplikasinya, nanti kita disuruh log-in atau sign-up. Kita bisa log-in dengan Facebook ataupun Google. Gue memilih log-in dengan Facebook.
Berhasil!
Kita bisa langsung cari tempat makan yang sudah kita tahu atau malah kita bisa cari tempat makan yang berada di sekitar kita. Sungguh, berguna banget! Gue terus scroll dari hasil search nearby, tapi engga ada yang cocok sama budget, sekalinya ada yang cocok, ketika didatengin tempatnya, malah engga nemu. Padahal, nyari tempatnya udah pake Google Maps dan tempat itu ada di Google Maps. Mungkin gue lelah, udah mantengin Maps, tapi malah kelewatan menurutnya, padahal engga ada tanda-tanda tempat makan di situ, karena saat itu udah malam dan laper berat. Jadilah, pada malam itu gue memilih makan di tenda pinggir jalan, hahaha.
Besoknya, gue penasaran sama Warung Bunana. Pernah tinggal di Bali selama 6 bulan, melihat Warung Bunana di Jimbaran, selalu penuh, jadi penasaran, tapi selalu engga sempat makan di Warung Bunana. Maka dari itu, membulatkan tekad bahwa perjalanan kali ini harus banget mampir ke Warung Bunana.
Search Bunana
Ada 3 Outlet
Ada Warung Bunana dong di aplikasinya! Senang luar biasa. Yang gue tau, Warung Bunana ini adanya di Jimbaran dan Denpasar. Yang di Denpasar, gue tau dari temen gue asli Denpasar, dia sering ke situ, tapi kalau yang di Denpasar kejauhan dari tempat gue bermukim saat itu. Kalau yang di Sanur, gue melihat reviewnya, tempatnya susah ditemuin meski ada di Google Maps, jadi gue mengurungkan niat ke lokasi Sanur. Yang di Jimbaran pun kejauhan dari tempat gue saat itu yang lagi di daerah Seminyak, melihat lokasi Kuta, ternyata itu di Jalan Sunset Road. Jadilah gue meluncur ke lokasi Kuta. Eh tapi, gue seneng karena ada harga makanannya di Zomato, ternyata murah di Warung Bunana, makin yakin makan di situ. Karena menurut gue, mencari tempat makan murah dan hits di Bali itu cukup susah.
Menu di Zomato
Puas! Makan di Warung Bunana kesampaian, makanannya enak pula, ya lumayan lah. Kalau ke Bali, mesti banget coba makan di Warung Bunana. Emang engga bosen ke Bali makannya seafood, minum-minuman alkohol atau malah fast food?

Cari Jenis Makanan
Suatu ketika pula, gue ada tugas mencari makanan khas India di Bali beserta harganya. Nah, bingung, dong kalau cuman mengira-ngira harga. Untung ada Zomato. Hahaha. Ini bukan iklan, sekedar review dari hasil menggunakan aplikasi Zomato, meskipun gue belum sepenuhnya mengulik penggunaan aplikasi ini.
Ada kekurangannya:
  1. Di Indonesia, baru tersedia Kota Jakarta dan Bali saja. Gue yang tinggal di Bandung merasa sedih karena engga bisa liat daftar tempat makan di Bandung, makanya engga bisa mengulik lebih dalam lagi aplikasi ini.
  2. Engga semua tempat makan ada foto menu.
Sekian review dari gue mengenai Zomato. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment